Mantab... Mendikbud Uji Coba Konsep Sekolah Bebas Asap


Blog REPORTASE GURU hadir menyajikan informasi online yang lebih sederhana namun tetap menjaga akurasi berita dari sumber yang terpercaya. Mohon saling SHARE jika postingan kali ini bermanfaat...!!! Selamat Menyimak :

Salam Edukasi... Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, bersama dengan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) mendampingi Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, menyaksikan uji coba isolasi dan penjernihan udara di ruang kelas Sekolah Dasar Negeri (SDN) 181/IV Kecamatan Jelutung, Kota Jambi. Baca juga 4 Kebijakan Pemerintah untuk Guru yang Mengajar di Daerah Bencana Asap

Uji coba dilakukan oleh Prof Zeily Nurachman, Guru Besar Kimia Institut Teknologi Bandung (ITB), bersama tim Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Mendikbud Anies Baswedan mengungkapkan konsep isolasi dan penjernihan ruangan hasil karya Prof Zeily dapat menjadi salah satu metode yang perlu segera disebarkan. Sehingga, sekolah-sekolah di daerah rawan asap memiliki kelas yang bebas asap. Sebelumnya, uji coba telah dilakukan di Padang. Simak Himbauan Mendikbdud Terkait Bencana Kabut Asap

“Uji coba di Padang, sebelumnya, hasilnya indeks standar pencemaran udara (ISPU) di dalam kelas turun menjadi 78, sedangkan di luar kelas ISPU mencapai 288,” ujar Anies dalam siaran pers yang diterima JPNN, Jumat (30/10).

Mendikbud Ajak Masyarakat dan Swasta Bantu Percepatan Penerapan Konsep Sekolah Aman Bebas Asap

Dengan penjernihan ini, lanjutnya, sekolah aman asap tidak hanya bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar saat bencana asap, namun juga sebagai safe haven atau tempat berlindung bagi anak-anak dan masyarakat selama sehari penuh.

“Memang kita tidak ingin pembakaran terus berulang. Namun saat terjadi pelanggaran atau bencana, kita juga harus yakin bahwa kita telah lebih siap,” ucapnya.

Menteri Anies pun berharap sekolah-sekolah lain yang terkena dampak kabut asap dapat menerapkan Sekolah Aman Asap dengan penggunaan isolasi, dan penjernihan udara. “Kemdikbud pasti akan bergerak cepat dan serius. Namun kami juga mengajak masyarakat dan pihak swasta untuk membantu percepatan penerapan Sekolah Aman Asap, agar anak-anak kita dapat melanjutkan kegiatan belajarnya dengan rasa tenang dan aman,” tandasnya. (esy/jpnn/30/10/2015)
Himbauan Mendikbud Terkait Bencana Kabut Asap
Mendikbud
Thank you for visiting my post today.
Title : Mantab... Mendikbud Uji Coba Konsep Sekolah Bebas Asap
Description : Salam Edukasi... Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, bersama dengan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Ke...
Kembali ke atas